; Nyuci Sendiri Serapi Laundry? Ini Caranya! | Indekost.co.id

Blog

Keep up to date with the latest news

Nyuci Sendiri Serapi Laundry? Ini Caranya!

Trik Cara Menyetrika ala Laundry

Ketika pakaian yang sudah Anda cuci bersih kering sempurna maka sebaiknya pakaian harus segera disetrika. Karena jika dibiarkan menumpuk, pakaian yang tadinya sudah kering dan bersih bisa kembali lembab dan kusut sehingga proses menyetrika menjadi lebih lama lebih sulit. Berikut adalah beberapa trik sederhana cara menyetrika ala laundry yang bisa Anda terapkan ketika menyetrika pakaian sendiri di rumah agar hasilnya serapi dan sewangi seperti baru keluar dari laundry.

 

·      Ketika proses pencucian sebaiknya pakaian jangan diperas terlalu berlebihan. Sebaiknya cukup dikebas-kebas saja untuk mengurangi kadar air pada serat pakaian. Hal ini mengurangi risiko pakaian menjadi cepat melar dan kusut berlebihan.

·      Ketika dijemur pastikan proses penjemurannya tidak terkena matahari langsung walaupun memang proses ini membuat pakaian menjadi cepat kering tapi beberapa bahan pakaian justru menjadi cepat rapuh dan pudar jika terkena sinar matahari.

·      Setelah kering, pastikan pakaian benar-benar kering dan tidak lembab karena pakaian yang lembab walaupun disetrika nantinya justru menjadi bau dan mengundang ngengat atau jamur.

·      Proses menyetrika pakaian harus disesuaikan dengan jenis bahan pakaian, jika Anda menggunakan setrika listrik otomatis, pelajari juga cara kerja setrika listrik dengan pengatur suhu dengan baik dan jangan menyetrika pakaian dengan suhu tinggi jika pakaian tersebut justru sensitif terhadap panas.

·      Jika Anda menggunakan setrika uap, perhatikan juga jarak setrika uap pada pakaian ketika menyetrika dan cara kerja setrika uap kemudian sesuaikan juga dengan bahannya. Jika bahan pakaian hanya membutuhkan suhu rendah, tidak masalah menahan setrika uap pada jarak 5 – 7 cm dari permukaan kain tapi justru sebaliknya, jika bahan pakaian yang disetrika membutuhkan suhu tinggi, tahan setrika uap pada jarak lebih dari 10 cm, sekitar 15 – 20 cm agar tidak merusak serat kain.

·      Untuk hasil yang lebih rapi dan menyetrika menjadi lebih mudah, sebaiknya selalu gunakan papan setrikaan ketika menyetrika, kecuali jika Anda menggunakan setrika uap gantung atau setrika uap berdiri.

·      Ketika menyetrika pakaian menggunakan jenis setrika listrik biasa, sebaiknya jangan mengerakan setrika melingkar atau zig-zag karena ternyata cara menyetrika seperti itu dapat membuat serat pakaian menjadi mudah melar. Cara menyetrika yang benaradalah dengan melakukan gerakan ke atas dan ke bawah.

·      Perhatikan juga ketika hendak menyetrika pada bagian yang terdapat jahitan, sebaiknya ikuti alur jahitan tersebut dan jangan menyetrikanya sembarangan karena hal tersebut dapat merusak benang jahitan sehingga mudah putus dan menjadi belel.

·      Setelah pakaian selesai disetrika, jangan langsung dimasukkan ke lemari atau dikenakan. Sebaiknya angin-anginkan dulu atau dibiarkan sejenak di atas meja setrika sebelum digantung atau dilipat. Apalagi jika Anda menggunakan setrika uap, hasil akhirnya pakaian Anda akan menjadi sedikit lembat, untuk mengatasi pakaian tidak mudah dihinggapi ngengat atau jamur, angin-anginkan terlebih dahulu sampai benar-benar kering baru boleh disimpan di dalam lemari pakaian.

 

Related Posts

Nyuci Sendiri Serapi Laundry? Ini Caranya!

Trik Cara Menyetrika ala LaundryKetika pakaian yang sudah Anda cuci bersih kering sempurna maka sebaiknya pakaian harus segera disetrika. Karena j...

Read More

Mau Lolos SNMPTN? Lupakan Passing Grade!

 Cuy, berapa pun persen besaran passing gradeyang ditentukan universitas, pada akhirnyayang menentukan lolos atau nggaknya kamu adalah u...

Read More

0 Komentar

    Belum ada komentar.

Tambah Komentar